Beranda » Artikel » Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater atau dikenal sebagai dieng theater ini merupakan salah satu obyek wisata yang harus anda kunjungi mengingat obyek wisata ini merupakan salah satu dari jajaran favorit destinasi dieng.

Dimana letaknya ?

Dieng Plateau Theater

Kunjungi Instagram @masadi.dieng

Terletak di desa Dieng wetan atau terletak 2km dari pertigaan tulisan Welcome Dieng ke arah selatan anda bisa menemukan sebuah bangunan yang memiliki corak khas klasik ini yang bisa membuat anda tidak mengira bahwa itu adalah sebuah gedung yang digunakan untuk menyaksikan film dokumenter tentang sejarah Dieng.

Apabila anda mengunjungi Dieng Plateau Theater anda juga bisa sekaligus mengunjungi obyek wisata Batu Pandang / Batu Ratapan Angin yang satu area parkir.

Apa isi Dieng Plateau Theater ?

Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas hingga 100 orang ini sangat nyaman walaupun tanpa ac (pendingin ruangan) mengingat suhu dieng sudah terlampau dingin, dengan tempat duduk yang nyaman anda akan disajikan sebuah film dokumenter yang berdurasi 23 menit.

Film singkat ini bukanlah sebuah film yang bergenre komedi atau action karena anda akan disajikan sebuah film dokumenter tentang :

  • Sejarah Dieng

Dieng Plateau Theater

Yuk Wisata ke Dieng

Dataran tinggi Dieng tercipta akibat letusan gunung Dieng purba pada jutaan tahun yang lalu akan menjadi pembuka dari tanyangan yang berdurasi 23 menit ini, sejarah panjang terjadinya dieng hingga adanya desa dieng sangat terangkum baik di tayangan awal film dokumenter ini.

  • Obyek wisata dieng

Di pertengahan anda akan disuguhkan paparan beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berwisata ke dataran tinggi dieng, ada beberapa obyek wisata yang disebutkan seperti Candi Arjuna Dieng, Kawah Sikidang hingga Telaga Warna Telaga Pengilon.

  • Kejadian Alam di dieng

Salah satu kerjadian yang menarik dipaparkan secara singkat adalah letusan kawah sinila pada tahun 1979 yang menewaskan 149 orang dan menyebabkan lebih dari 900 orang mengungsi karena ganasnya letusan tersebut

Dikisahkan saat malam hari yang tenang pada tanggal 20 Februari 1979 tiba – tiba berubah menjadi mencekam karena adanya gempa bumi yang diiringi letusan lahar dari area Kawah Sinila, dahsyatnya letusan mengakibatkan warga terbangun hingga akhirnya anda harus menonton kisahnya di gedung Dieng Theater.

Dieng Plateau Theater

Suasana di gedung Dieng Plateau Theater

  • Budaya Dieng

Walau dikisahkan dalam beberapa kejadian alam yang menakutkan namun dieng tetap menjadi primadona wisatawan karena budayanya yang sangat berbeda dari lainnya dimana anda bisa menemukan orang yang bertani namun menggunakan jaket atau sarung yang tentu jarang digunakan oleh petani pada umumnya.

Hal lain adalah terdapatnya anak rambut gembel yang menjadi ikon dari Dieng itu sendiri yang tidak dimiliki oleh desa lain yang tentu akan menjadi hal unik serta menarik tanpa harus anda lewatkan dalam durasi 23 menit ini.

 

Itulah beberapa gambaran dan paparan singkat mengenai tentang obyek wisata Dieng Plateau Theater yang digagas oleh Gubernur H. Mardiyant untuk memberikan informasi kepada wisatawan mengenai Dieng Plateau dan disahkan oleh Presiden ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.